Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara di Pengadilan Negeri Pasarwajo

Rabu, 2 Mei 2018 – Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara, Bapak H. Charis Mardiyanto, S.H., M.H melakukan kunjungan dan pembinaan kepada seluruh pegawai, panitera, juru sita, dan hakim di Pengadilan Negeri Pasarwajo pada hari Rabu tanggal 2 Mei 2018. Dalam pembinaan ini, Ketua PT Sultra didampingi Bapak Rahmat Lagan, S.H., M.Hum selaku Panitera PT Sultra dan Bapak Drs. Hardipin, S.H selaku Sekretaris PT Sultra. Acara yang diselenggarakan di ruang sidang Cakra PN Pasarwajo ini diawali  dengan kata sambutan dari Bapak Mukhlassuddin, S.H., M.H. selaku Ketua PN Pasarwajo, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bapak H. Charis Mardiyanto, S.H., M.H, Bapak Rahmat Lagan, S.H., M.Hum selaku Panitera PT Sultra dan Bapak Drs. Hardipin, S.H selaku Sekretaris PT Sultra.

[cycloneslider id=”pembinaan_kpt”]

Dalam pembinanaannya, Bapak Charis Mardiyanto mengingatkan pentingnya pelaksanaan PERMA No. 7 Tahun 2016, PERMA No. 8 Tahun 2016, dan PERMA No. 9 Tahun 2016. Bapak Charis Mardiyanto menekankan bahwa salah satu kunci tercapainya Visi Mahkamah Agung yaitu Mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung adalah dengan menerapkan disiplin kerja, etika, dan integritas.Selain melakukan penyuluhan terkait PERMA tersebut di atas, Bapak Charis Mardiyanto juga menyampaikan mengenai pentingnya pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri. Dalam kesempatan ini, Bapak Charis Mardiyanto menyampaikan apresiasi kepada PN Pasarwajo yang telah menjalankan PTSP dengan baik.

Bapak Charis Mardiyanto berpendapat bahwa pelaksanaan PTSP oleh PN Pasarwajo sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan terus supaya dapat memberi pelayanan yang Prima kepada para pencari keadilan. “Dan dengan adanya PTSP ini, masyarakat dan para pencari keadilan tidak lagi diperkenankan untuk memasuki ruangan-ruangan kerja di Pengadilan, karena pelayanan PTSP itu sendiri sudah terintegrasi dalam satu pelayanan mulai awal hingga akhir”, pesan Bapak Charis Mardiyanto ketika meninjau langsung pelaksanaan PTSP di PN. Pasarwajo.

Materi selanjutnya oleh Bapak Rahmat Lagan selaku Panitera PT Sultra, yang pada pokoknya menyampaikan urgensi tugas dari Panitera dan Juru Sita dalam hal penerimaan dan proses administrasi perkara. Bapak Rahmat Lagan menekankan agar para Panitera, panitera pengganti, maupun Juru Sita untuk dapat melaksanakan tugas secara efektif dan efisien. serta selalu menginput proses penanganan perkara ke dalam SIPP.

Dan materi terakhir pembinaan disampaikan oleh Bapak Hardipin selaku Sekretaris PT Sultra yang pada pokoknya menekankan bahwa walaupun fungsi Kesekretariatan adalah sebagai peopang, namun tanpa Kesekretariatan yang baik, kinerja Pengadilan juga akan terhambat. Bapak Hardipin juga menyampaikan bahwa betapa pentingnya bagi Kesekreariatan untuk membuat rencana anggaran yang tepat sasaran, sehingga tidak menyebabkan masalah di kemudian hari.

Sebelum menutup kunjungannya, Bapak Charis Mardiyanto berpesan kepada seluruh pegawai di PN. Pasarwajo, baik panitera, juru sita, honorer, hingga hakim agar senantiasa menjaga citra dan martabat Pengadilan dengan senantiasa memberi pelayanan yang terbaik bagi para pencari keadilan. “Saya berharap agar rekan-rekan pegawai sekalian, baik panitera, juru sita, honorer, dan para hakim untuk senantiasa menjaga integritas, disiplin, dan selalu ikhlas dalam bekerja demi kemajuan PN. Pasarwajo sendiri”, ujar Bapak Charis Mardiyanto sembari meninggalkan PN. Pasarwajo. (PTIP.PNPsw-Tulus)

About The Author

Kasubag Perencanaan, Informasi Teknologi dan Pelaporan Pengadilan Negeri Kelas II Pasarwajo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Sedang Offline Meja Informasi

← Prev Step

Terima kasih, Silahkan anda kembali pada jam kerja

Please provide a valid name, email, and question.

By IT PN Pasarwajo
By IT PN Pasarwajo Logout