Sidang di Luar Gedung Pengadilan/Zitting Plate sebagai Wujud Implementasi Perma No 1 Tahun 2014

IT-PN.Psw, Jumat, 26 Agustus 2016 berlokasi di Polsek Mawasangka Tengah, Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah, Pengadilan Negeri Pasarwajo melaksanakan Sidang di Luar Gedung Pengadilan (Zitting Plate). Aparatur Pengadilan Negeri Pasarwajo yang beranggotakan 19 Orang terdiri dari  4 Orang Hakim (Bapak Mukhlassudin, SH/Wakil Ketua, Basrin, SH, Christian Yosep Siregar Pardomuan, SH, Mahmid SH),  Bapak Panitera (La Ode Ganisi, SH), 3 Orang Panitera Pengganti (Adnan, SH, Haslim, SH, Elvianto, SH), Dokumentasi (Dedy Eryawan, S.Kom), serta 3 Orang Staf (La Roma, Disman, Herdin).

Bapak Mukhlassuddin, SH (Wakil Ketua) menjelaskan bahwa Pelaksanaan Sidang di Luar Gedung Pengadilan/Zitting Plate merupakan salah wujud peran serta Pengadilan Negeri Pasarwajo dalam hal Implementasi amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 yaitu salah satunya Penyelenggaraan Sidang di Luar Gedung Pengadilan (zitting plate) yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh pengadilan di suatu tempat yang ada didalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Pasarwajo, lanjut Bapak Mukhlassudin, SH Kabupaten Buton Tengah merupakan daerah pemekaran dari kabupaten induk yaitu Kabupaten Buton, sehingga Pelayanan Peradilan di Mawasangka Tengah masih dalam yuridiksi Pengadilan Negeri Pasarwajo.

Senada dengan hal tersebut Bapak La Ode Ganisi, SH (Panitera) mengatakan sesuai dengan Pasal 11 ayat (6) Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 yaitu “Biaya Penyelenggaran Sidang di Luar Gedung Pengadilan Negeri di Bebankan kepada Anggaran Satuan Pengadilan Negeri dan terdiri : a. Biaya Tempat Persidangan jika diperlukan, b. Biaya perlengkapan sidang jika diperlukan dan c. Biaya Perjalanan Dinas Hakim, Panitera dan Petugas lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (4) yang besarannya disesuaikan dengan Standar Biaya Umum (SBU)”. Oleh karena itu dalam hal pelaksanaan zitting plate segala biaya yang ditimbulkan tersebut dari Dipa Pengadilan Negeri Pasarwajo yaitu DIPA 03 yang bersumber dari anggaran Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

Bapak Basrin, SH, Bapak Christian Yoseph Siregar Pardomuan, SH serta Bapak Mahmid, SH yang ditemui Staf Dokumentasi setelah pelaksanaan sidang yang mengatakan bahwa kewajiban Majelis Hakim yang tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 12 ayat (2) adalah “Sebelum hari keberangkatan ke tempat sidang, Majelis Hakim/Hakim harus sudah mendapatkan laporan mengenai jumlah perkara pidana dari Panitera Muda Pidana, dan perkara perdata dari Panitera Muda Perdata sebagai bahan untuk menentukan waktu lamanya penyelenggaraan sidang di luar gedung pengadilan negeri. Lanjut dalam pelaksanaan sidang diluar gedung pengadilan/zitting plate di Mawasangka Tengah, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah adalah sesuai dengan laporan Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Pasarwajo.

[cycloneslider id=”zitting-plate-mawasangka-tengah”]

Di akhir zitting plate tersebut Bapak Mukhlassuddin, SH menambahkan bahwa pelaksanaan sidang di luar gedung pengadilan ini juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan pengadilan bagi pencari keadilan dan masyarakat sebagaimana tujuan dari SK KMA Nomor : 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.

About The Author

Related posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Sedang Offline Meja Informasi

← Prev Step

Terima kasih, Silahkan anda kembali pada jam kerja

Please provide a valid name, email, and question.

By IT PN Pasarwajo
By IT PN Pasarwajo Logout